Minggu, 05 Juni 2011

Instalasi PHP Triad

PHP adalah skrip pemrograman bersifat server side yang ditambahkan ke dalam HTML. PHP membuat suatu aplikasi dapat diintegrasikan ke dalam HTML sehingga halaman web tidak lagi bersifat statis, tetapi bersifat dinamis. PHP termasuk bahasa pemrograman web yang cepat berkembang dan diminati banyak orang. Salah satu alasannya adalah dekatnya pola pemrograman PHP dengan bahasa C. Sehingga yang sudah terbiasa dengan bahasa C bisa dengan cepat beradaptasi dengan PHP.

MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis. MySQL merupakan database open source yang saat ini cukup banyak digunakan pada berbagai aplikasi. Keandalannya dalam mengolah database ditunjang kecepatannya dalam mengakses perintah query serta banyaknya fitur-fitur yang dimiliki menjadikannya sebagai database idola saat ini.

PHPTRIAD adalah sebuah bundle software under windows yang didalamnya terdapat Apache (webserver), PHP (script programming language), dan MySQL. Semua software tersebut bisa didapatkan hanya dengan satu kali install. Bagi pemula yang ingin belajar PHP-MySQL, phptriad sangatlah membantu. Karena kita tidak terlalu dipusingkan dengan instalasi software yang dibutuhkan secara terpisah-pisah.
Localhost adalah server jaringan lokal yang dapat diakses oleh komputer pada jaringan lokal tertentu dengan IP Address Class yang sama. Protokol komunikasi yang digunakan yaitu TCP/IP dan bahasa protokol yang digunakan yaitu HyperText Transfer Protocol (HTTP). Alamat IP default pada localhost adalah 127.0.0.1 dan domain default localhost. Namun kita bisa mengganti nama domain tersebut sesuai dengan keinginan kita.
 
Membuat Localhost 
Untuk membuat localhost diperlukan beberapa software pendukung, dalam hal ini software web server. Apabila kita menggunakan sistem operasi Windows 2000 server atau Windows 2003 server, web servernya menggunakan Internet Information Service (IIS) yang sudah terintegrasi.
Pada kesempatan ini kita menggunakan web server Apache yang merupakan software open source. Agar lebih mudah dalam instalasi, maka saya memberikan alternatif lain yaitu dengan menginstalasi software PHP Triad, karena di PHP Triad sudah ada sekaligus tiga software untuk membangun sebuah web lokal, yaitu Apache, MySQL dan PHP.
 
Download PHP Triad

Download PHPTriad! Anda boleh download dari www.download.com lalu ketikkan kata "PHPTriad", atau bisa juga di www.phpgeek.com Atau bisa juga anda buka projectnya di gudang kita sourceforge http://sourceforge.net/projects/phptriad Anda akan mendapatkan file installernya.   

Instal PHP Triad

Baiklah langsung saja saya akan menjelaskan tentang cara menginstal PHP Triad

  1. Untuk memulai proses instalasi, double klik pada siftware phptriad2-2-1.exe setelah itu akan muncul window seperti pada gambar berikut:
     

    2. Klik tombol I Agree untuk melanjutkan proses instalasi. Setelah itu akan muncul window proses instalasi, seperti ditunjukkan gambar berikut:


                3.  Terlihat bahwa PHPTriad akan membuat folder Apache pada drive C

 
      
                  4. Proses instalasi telah selesai.

                     5. Klik show details untuk melihat lebih detail proses instalasi. Bisa dilihat proses apa saja yang    terjadi saat instalasi. 

                  6. Klik tombol Close untuk mengakhiri proses instalasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar